Kebijakan penempatan iklan

Kebijakan penempatan iklan

Klik tautan di bawah ini untuk membuka artikel pilihan Anda:
Penempatan menyesatkan
Mendorong klik tak sengaja
Iklan pada Laman Terima Kasih, Laman Keluar, atau Laman Kesalahan
Memformat konten untuk meniru iklan
Menjajarkan gambar dengan iklan
Menempatkan iklan dalam tajuk yang menyesatkan
Tata letak situs yang mendorong konten ke paruh bawah layar
Iklan di aplikasi perangkat lunak
Iklan dalam email
Iklan pada konten dinamis
Iklan pada laman atau situs yang sama dengan penayang lain
Iklan di situs web yang dihosting (misalnya Blogger)
Iklan pada laman yang memerlukan info masuk
Menampilkan situs pihak ketiga pada laman Anda

Batas iklan per laman
Batas iklan konten Google per laman
Batas unit tautan Google per laman
Memaksimalkan ruang iklan dengan beberapa unit iklan

Iklan dan jendela munculan
Menempatkan iklan Google pada situs web dengan jendela munculan
Menempatkan iklan di jendela munculan

Google AdSense Policies - Ad Placement Overview

Mendorong klik tak sengaja

Penayang tidak diizinkan untuk menganjurkan pengguna agar mengeklik iklan Google dengan cara apa pun. Ini mencakup penerapan iklan dengan cara yang membuatnya mungkin salah dipahami sebagai konten situs web lainnya, seperti menu, navigasi, atau tautan unduhan.
Pada contoh, konten yang ditautkan diformat serupa dengan unit tautan dan ditempatkan tepat di bawah iklan. Karena sulit membedakan antara konten dengan hyperlink dan iklan, penerapan ini merupakan pelanggaran terhadap kebijakan program AdSense.



Label menyesatkan
Menganjurkan secara langsung atau tidak langsung kepada pengguna untuk mengeklik iklan Google tidak diizinkan oleh kebijakan program kami. Misalnya, penayang tidak boleh menempatkan iklan di bawah tajuk atau judul yang menyesatkan karena dapat membuat bingung pengguna sehingga menyangka bahwa iklan adalah tautan situs yang terkait dengan tajuk tersebut. Untuk menghindari masalah ini, kami meminta penayang hanya menggunakan "tautan sponsor" atau "iklan" untuk memberi label pada iklan. Penayang tidak boleh menggunakan:
  • “Sponsor”
  • “Disarankan”
  • “Mitra”
  • “Penawaran”
  • “hubungan”
  • “Warta”
  • "Situs favorit saya"
  • "Berita terbaru"




Menyesatkan untuk mengeklik
Penayang tidak diizinkan untuk menggunakan kalimat yang mengarahkan pengguna untuk mengeklik iklan Google, seperti:
  • "Silakan klik iklan"
  • "Bantu gerakan ini, kunjungi iklan"
  • "Bantu kami menjaga situs ini tetap berjalan, kunjungi sponsor kami"
  • "Kami memerlukan server baru. Dukung kami!"




Perhatian yang tidak alami
Penayang tidak diizinkan mengarahkan perhatian yang tidak perlu atau tidak alami ke iklan Google mereka. Contohnya mencakup:
  • animasi berkedip yang menarik mata pengguna ke iklan
  • tanda panah atau lambang lain yang mengarah ke iklan Google




Iklan pada konten dinamis
Penayang tidak boleh menempatkan iklan di laman atau situs yang fokus utamanya adalah konten dinamis (seperti chat langsung, pesan instan, dan/atau komentar yang disegarkan secara otomatis).


Memicu klik yang tidak disengaja
Berhati-hatilah saat menempatkan tautan, tombol Putar, tombol unduhan, game, kotak tarik-turun, atau aplikasi di dekat iklan karena dapat menyebabkan terjadinya klik yang tidak disengaja dan berakibat pada pengambilan tindakan terhadap situs atau akun Anda.


Penempatan yang Menyesatkan untuk Iklan pada laman Terima Kasih, Keluar, atau Kesalahan
Penayang tidak diizinkan menempatkan iklan pada laman yang bukan berbasis konten, seperti laman terima kasih, kesalahan, atau laman keluar. Ini adalah laman yang dilihat pengunjung di situs sebelum berpotensi keluar dari domain, terkadang setelah melakukan tindakan tertentu di situs, seperti membeli atau mengunduh. Laman kesalahan dapat berupa laman kesalahan 404 yang menginformasikan pengguna bahwa tidak ada konten yang ditemukan di laman ini. Iklan merupakan fokus utama pada jenis laman ini dapat membingungkan pengunjung sehingga berpikir bahwa iklan tersebut adalah konten yang sebenarnya, oleh karena itu kami minta agar iklan tidak ditempatkan di laman semacam itu.




Menawarkan kompensasi Dilarang keras menawarkan kompensasi atau insentif apa pun untuk mengeklik iklan.

Memformat konten untuk meniru iklan

Penayang tidak boleh menerapkan iklan Google dengan cara yang menyamarkan iklan itu. Ini mencakup pemformatan konten yang berdekatan agar menyerupai iklan. Jika penayang menempatkan iklan pada laman hasil penelusuran selain Googles, harus ada perbedaan yang jelas antara hasil penelusuran dan iklan.
Pada contoh, tautan di atas dan di bawah unit iklan diformat sama dengan iklan, sehingga sulit membedakannya. Karena itu, penerapan ini tidak mematuhi kebijakan program kami.


Menjajarkan gambar dengan iklan

Penayang tidak boleh berupaya menghubungkan gambar tertentu dengan iklan tertentu yang tampil di situs. Penerapan tersebut dapat membingungkan pengguna yang menganggap bahwa gambar terkait langsung dengan penawaran pengiklan sehingga melanggar kebijakan program kami.


Menempatkan iklan dalam tajuk yang menyesatkan

Anda harus memastikan bahwa pengunjung situs Anda tidak tersesat dan dapat membedakan konten dari iklan Google dengan mudah. Kebijakan ini melarang penempatan iklan dalam tajuk yang menyesatkan, seperti "sumber info" atau "tautan bermanfaat".
Lagi pula, seperti ditampilkan di bawah ini, tajuk situs web dapat dianggap sebagai label iklan yang tidak pada tempatnya. Karena iklan pada posisi demikian mungkin salah dimengerti sebagai tautan atau cantuman, bukan sebagai iklan, penerapan seperti itu dianggap terlarang. Pantau situs Anda dan tata letaknya dengan cermat untuk memastikan hal ini tidak terjadi.

Tata letak situs yang mendorong konten ke paruh bawah layar

Berikut adalah contoh tata letak situs yang mendorong konten ke paruh bawah, sehingga sulit bagi pengguna untuk membedakan antara konten dan iklan Google.


Iklan di aplikasi perangkat lunak

Saat ini, kami tidak mengizinkan iklan Google atau kotak telusur AdSense didistribusikan melalui permohonan perangkat lunak yang mencakup, namun tidak terbatas pada toolbar, ekstensi browser, dan aplikasi desktop. Untuk mematuhi kebijakan program AdSense, perlu diketahui bahwa kode Google AdSense hanya dapat ditempatkan pada laman berbasis Web.

Iklan dalam email

Untuk memastikan efektivitas iklan Google bagi penayang dan pengiklan, program Google Adsense tidak mengizinkan kode iklan AdSense ditempatkan dalam pesan email atau buletin. Selain itu, kode iklan tidak boleh ditempatkan di samping pesan email, seperti program email berbasis web.

Iklan pada laman atau situs yang sama dengan penayang lain

Jika situs web mematuhi kebijakan program kami dan perusahaan atau pemilik situs telah memberikan izin kepada Anda untuk menampilkan iklan di situs mereka, Anda dapat menempatkan kode iklan Anda bersama dengan kode iklan penayang lain pada laman yang sama. Namun, Anda harus menghubungi perusahaan hosting web atau pemilik situs web agar dapat memperoleh izin menampilkan iklan di situs mereka.
Perhatikan bahwa hingga maksimum tiga unit iklan standar, tiga unit tautan, dan dua kotak telusur dapat ditempatkan di satu laman web. Selain itu, ingatlah bahwa setiap penayang bertanggung jawab atas konten situs web tempat kode iklan mereka ditempatkan. Jika situs web melanggar kebijakan program, kami akan memberitahukan penayang yang menempatkan kode iklan di situs web tersebut, dan meminta Anda menghapus kode Google dari laman tersebut.
Penayang hanya akan menerima kredit untuk klik dan tayangan pada unit iklan yang terkait dengan akunnya. Selain itu, penayang bertanggung jawab memantau setiap laman web yang menampilkan kode iklannya agar mematuhi kebijakan kami.

Iklan di situs web yang dihosting (misalnya Blogger)

Anda diperkenankan menempatkan AdSense pada laman web mana pun yang mematuhi kebijakan program kami, termasuk situs web yang dihosting. Namun, perlu diketahui bahwa untuk menggunakan AdSense, Anda harus memiliki akses ke kode sumber HTML situs. Anda juga bertanggung jawab untuk menanyakan kepada host Anda dan menentukan apakah penggunaan AdSense melanggar persyaratan layanannya.

Iklan pada laman yang memerlukan info masuk

Penayang diperkenankan menempatkan iklan AdSense pada laman yang terlindung sandi selama laman mematuhi kebijakan program kami. Bila mengajukan permohonan ke program AdSense, pastikan untuk memberi kami laman yang tidak dilindungi sandi untuk diperiksa.
Jika laman memerlukan info masuk dan iklan yang tidak relevan tampil, Anda dapat membantu meningkatkan penargetan iklan dengan memberikan akses kepada perayap kami ke laman yang dilindungi sandi.

Menampilkan situs pihak ketiga pada laman Anda

Saat situs web menampilkan situs web orang lain dalam bingkai atau jendela di situs mereka sendiri, hal ini dianggap sebagai pembingkaian konten. Google melarang penempatan iklan pada laman tersebut.

Batas iklan konten Google per laman

Saat ini, penayang AdSense dapat menempatkan hingga tiga unit AdSense untuk konten di satu laman web. Ini termasuk maksimum satu unit iklan berukuran 300x600 (atau iklan berukuran serupa) per laman. Selain tiga unit iklan standar, Anda juga dapat menempatkan maksimal tiga unit tautan dan dua kotak telusur pada setiap laman web.
Jika Anda menempatkan lebih dari satu unit iklan pada satu laman, sistem kami akan  menampilkan iklan yang berbeda untuk setiap unit iklan. Karena sistem menampilkan secara otomatis iklan Google bertarget tinggi dalam jumlah maksimal pada setiap laman, dalam beberapa kasus, jumlah maksimal iklan mungkin tidak selalu muncul. Dalam hal ini, unit iklan akan tampil sebagai kotak transparan, atau berisi iklan atau warna pengganti yang ditetapkan dalam kode iklan.
Namun, perhatikan bahwa menempatkan jumlah maksimum unit iklan yang dibolehkan pada satu laman dapat menghasilkan tampilan yang tidak apik. Baca pedoman pengoptimalan kami untuk kiat dalam menempatkan iklan. Untuk praktik terbaik tentang unit iklan berukuran khusus, tinjau laman unit iklan berukuran khusus kami.

Batas unit tautan Google per laman

Anda dapat menempatkan hingga tiga unit tautan pada laman selain tiga unit iklan standar dan dua kotak telusur. Pastikan saja laman mematuhi kebijakan program kami.

Memaksimalkan ruang iklan dengan beberapa unit iklan

Beberapa unit iklan dapat membantu mengoptimalkan kinerja dengan memanfaatkan banyak inventaris iklan kami. Anda dapat menempatkan hingga tiga unit iklan per laman (selain tiga unit tautan). Ingatlah bahwa cara terbaik mengukur pengaruh beberapa unit iklan adalah dengan memeriksa dampaknya pada penghasilan keseluruhan. Beberapa unit iklan dapat terbukti berhasil terutama untuk laman berikut:
  • Laman dengan banyak teks, pengguna perlu menggulir ke bawah laman.
  • Laman forum atau papan pesan, terutama dalam untaian.
  • Laman yang hanya dapat menampung iklan berformat lebih kecil (seperti tombol 125 x125).
Kiat memaksimalkan beberapa unit iklan: pastikan bahwa unit iklan dengan lokasi terbaik di laman adalah unit iklan yang ditampilkan lebih dulu di kode HTML. Ini akan memastikan bahwa tempat iklan terbaik diisi oleh iklan yang berada di posisi tertinggi dalam lelang dan akan menghasilkan pendapatan terbanyak. Cari tahu cara menentukan unit iklan pertama.
AdSense Optimization: Monetize More Content
Learn how you can earn more AdSense revenue and boost your eCPM by adding ad units, link units, or search boxes on content pages that don't yet have any.

Menempatkan iklan Google pada situs web dengan jendela munculan

Penayang tidak diizinkan menempatkan iklan di situs yang memiliki lebih dari 3 jendela munculan. Jika tampil di situs web, jendela munculan tidak boleh mengganggu navigasi situs, mengubah preferensi pengguna, memulai pengunduhan, atau menyebarkan virus.
Selain itu, situs dengan Google AdSense tidak boleh dibuka oleh perangkat lunak apa pun yang dapat memicu jendela munculan, mengubah setelan browser, mengalihkan pengguna ke situs web yang tidak diinginkan, atau mengganggu navigasi normal situs. Anda bertanggung jawab memastikan bahwa tidak ada jaringan iklan atau afiliasi yang menggunakan metode tersebut untuk mengarahkan lalu lintas ke laman yang berisi kode AdSense.

Menempatkan iklan di jendela munculan

Iklan tidak boleh tampil di jendela mana pun yang tidak diaktifkan oleh klik pengguna. Selain itu, kami tidak mengizinkan iklan ditempatkan di jendela mana pun yang tidak memiliki kontrol navigasi, mencakup tombol penelusuran mundur dan maju, serta bidang URL yang dapat diedit. Kode iklan AdSense juga tidak boleh ditempatkan pada laman web tanpa elemen navigasi.

No comments:

Post a Comment